Ide-ide Pembelajaran Biologi yang Dapat Melatih Higher Order Thinking Skills/HOTS

Authors

  • Endang Susantini

Abstract

Perkembangan zaman di abad ke-21 saat ini terjadi amat pesat. Setiap orang harus terus mengembangkan keterampilan berpikirnya agar mampu mengendalikan perubahan, sehingga sangat diperlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan utama pembelajaran abad ke-21, yaitu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Shin Yen & Halili, 2015). Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempersiapkan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tingginya agar tidak tertinggal di tengah persaingan global. Namun, penelitian Retnawati, dkk. (2018) menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik masih rendah meskipun guru sudah mengetahui tentang pentingnya HOTS. Akibatnya, peserta didik tidak dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tingginya dengan optimal. Hal ini sejalan dengan hasil studi PISA yang diselenggarakan oleh Organization for Economic Coorporation and Development (OECD) bahwa pada 2015 keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagian besar peserta didik di Indonesia berada di bawah level 2. Kemudian pada 2018, hasil studi PISA juga menunjukkan bahwa skor rata-rata peserta didik Indonesia berada di bawah skor rata-rata OECD pada seluruh domain penilaian yaitu kemampuan membaca, matematika, dan sains. Hal ini menempatkan Indonesia pada peringkat 71 dari 77 negara (OECD, 2018). Hal itu sejalan dengan hasil nilai UN yang mengalami penurunan rata-rata sejak diterapkannya soal-soal HOTS (LPMP Jatim, 2019). Berdasarkan pemaparan tersebut, kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik belum dilatihkan secara optimal dalam pembelajaran. Padahal pembelajaran seharusnya dapat dirancang untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi sesuai dengan rumusan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilatihkan melalui penggunaan model-model pembelajaran yang sesuai. Guru dan calon guru diharapkan dapat menguasai model-model pembelajaran tersebut dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran agar dapat melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Namun, tidak semua guru memahami HOTS dengan baik. Meskipun beberapa guru telah mengetahui bahwa HOTS dapat dilatihkan melalui beberapa model pembelajaran, namun mereka masih kebingungan dalam menerapkan model pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, pengetahuan terkait ide-ide pembelajaran yang dapat melatihkan HOTS perlu dikuasai dan diterapkan oleh guru dan calon guru. Makalah ini menyajikan beberapa ide pembelajaran biologi yang dapat melatih HOTS dengan dilengkapi ilustrasi komik. Melalui ilustrasi komik langkah pembelajaran diharapkan lebih mudah diikuti dan dipahami. Sebelum membahas ide pembelajaran, dijelaskan lebih dahulu tentang HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-12