Menggali Indikator Literasi Biologi dalam Suatu Pengembangan Instrumen Tes

Authors

  • Rizki Awalia Universitas Negeri Jakarta
  • Feni Oetari, Khalida Zia Universitas Negeri Jakarta
  • Mieke Miarsyah Universitas Negeri Jakarta
  • Rizal Hendi Ristanto Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Literasi biologi merupakan pengembangan dari literasi sains dalam konteks biologi. Keterampilan literasi biologi peserta didik harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji kelayakan dan kualitas instrumen literasi biologi pada materi sistem ekskresi serta mengetahui validitas empiris dari instrumen yang di kembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dan metode yang digunakan adalah 4D. Responden penelitianya adalah 38 siswa kelas 11 IPA di SMAN 03 Kabupaten Tangerang. Analisis validitas untuk instrumen tes ini ada dua, yaitu secara teoritis yang berupa lembar validasi yang dilakukan oleh 1 orang dosen biologi dan 1 orang gurubiologi bersertifikasi dan secara empiris yaitu dengan uji coba instrumen. Validasi dari 2 validator ahli menunjukkan bahwa instrumen tes literasi biologi ini sangat layak untuk diberikan kepada siswa. Adapun berdasarkan uji coba instrumen tes, hasil validitas soal menunjukkan terdapat 20 soal valid dari 30 soal yang telah disusun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15