Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Ekskresi pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Dewi Rande Upa Universitas Kristen Satya Wacana
  • Desy Fajar Priyayi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Susanti Pudji Astuti Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan proses sains pada pembelajaran daring dan mengetahui kelayakan instrumen tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dengan model pengembangan menurut Borg & Gall. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Salatiga dengan subyek penelitian siswa kelas VIII pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data hasil validasi para ahli, sedangkan teknik kuantitatif digunakan dalam dengan teknik persentase dan analisis Rasch dengan bantuan software Ministep. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh produk hasil pengembangan berupa instrument asesmen KPS berbasis aplikasi pada materi sistem ekskresi. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrument termasuk dalam kategori sangat layak dengan perolehan nilai validasi ahli materi sebesar 94%, dan ahli pedagogi sebesar 89%. Sedangkan instrument termasuk dalam kategori layak menurut ahli praktisi dan siswa, dengan masing-masing nilai validasi sebesar 74% dan 72%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dan analisis Rasch, dapat diketahui bahwa instrument asesmen memiliki nilai reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,85 yang termasuk dalam kategori baik. Sebaran tingkat kesulitan soal dan hasil pengerjaan menunjukkan bahwa soal telah sesuai dengan kemampuan siswa. Hasil analisis nilai MNSQ, ZSTD dan Pt. Measure corr diperoleh bahwa dari 35 soal yang diujicobakan, terdapat 33 soal valid dan telah diperbaiki serta dua soal yang tidak valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15