Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Media Pembelajaran Daring Ditinjau dari Hasil Belajar dan Proses Pembelajaran Biologi

Authors

  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Suharyadi Wibowo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai pernyebaran Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (KEMENDIKBUD) mengeluarkan kebijakan baru terkait proses belajar mengajar diseluruh jenjang pendidikan selama pandemi Covid-19. Kebijakan yang diterapkan tertuang dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang “Pembelajaran secara daring dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19”. Pada situasi sekarang ini, sekolah banyak memanfaatkan media pembelajaran berbasis aplikasi dalam menunjang pembelajaran daring dan menjalin komunikasi antara guru dan siswa seperti WhtasApp, Google Classrom, Zoom, Schoology, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfatan WhatsApp sebagai media komunikasi dan pembelajaran daring di SMA MTA Surakarta. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas X MIPA SMA MTA Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat adalah WhatsApp dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi penunjang pembelajaran daring, fitur yang digunakan adalah grup WhatsApp dan chat pribadi. WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mulai dari kegiatan pembuka, inti dan penutup sampai pada evaluasi siswa. Hasil belajar Aspek kognitif dan ketrampilan selama menggunakan media WhatsApp memiliki rata-rata baik dari Kelas X MIPA 1-4.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15