Hubungan Antara Kreativitas Guru dengan Motivasi Belajar Sains Siswa selama Pandemic COVID-19

Authors

  • Y Yurida
  • Insar Damopolii
  • Semuel S. Erari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Manokwari pada saat pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan populasi sebanyak 386 siswa. Sampel penelitian berjumlah 116 siswa, diambil 30% dari populasi dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online dengan bantuan google form. Hasil penelitian menunjukan nilai sig < 0.05, R = 0.562, R2 = 31.6%. Hasil temuan mengindikasikan bahwa ada hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar sains siswa selama pandemi Covid-19. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di masa pademi Covid-19 berkaitan dengan kreativitas mengajarnya guru. Guru dengan kreativitas baik dapat membuat siswanya termotivasi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-12