Kecenderungan Profil Soal Ulangan Harian Biologi SMA Semester Genap TA 2019/2020 Ditinjau dari Perspektif HOTS

Authors

  • H Hariyatmi
  • Amalia Talitha Fildzah
  • Inas Aulia Zakiyah

Abstract

Kemampuan guru dalam membuat soal ulangan harian (UH) yang HOTS mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan profil soal UH Biologi SMA TA 2019/2020 berdasarkan perspektif High Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel purposive dilakukan pada 5 sekolah yang dijadikan sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa naskah soal UH biologi SMA kelas XI. Data diambil dari soal buatan guru SMA dari 5 Sekolah (SMA Muh I dan 3 Surakarta, SMAN 1 dan 2 serta SMA Muh Cepu). Butir soal diidentifikasi berdasarkan tingkat dimensi proses berpikir ranah kognitif (LOTS, MOTS HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa % kecenderungan profil soal UH Biologi kelas XI pada semester genap TA 2019/2020 diperlihatkan bahwa ditunjukkan 32.23 % termasuk LOTs, 40.77 % termasuk MOTs dan 27.00 % termasuk HOTs, SMAN 1 Cepu sudah membuat soal UH Biologi dengan katagori 50% HOTs (C4) dan SMAM I Surakarta baru 12.30% soal UH Biologi berkatagori HOTs ( C4 dan C5). Dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa kecenderungan profil Soal Ulangan Harian Biologi SMA Kelas XI Semester Genap TA 2019/2020 ditinjau dari Perspektif HOTS adalah baru menunjukkan 27.00% termasuk katagori rendah dengan tingkat Kognitif yang muncul adalah C4 dan C5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-12