Pengaruh Variasi Macam Gula dalam Beberapa Konsentrasi Terhadap Kualitas Nata De Nira Siwalan (Borassus Flabelliver L.) Pamekasan Madura

Authors

  • Chandra Kirana
  • Utami Sri Hastuti
  • Endang Suarsini

Abstract

Siwalan (Borassus flabellifer L.) tersebar luas di Kabupaten Pamekasan salah satunya di desa Kertagenah Laok Kecamatan Kadur.
Potensi siwalan yang melimpah dapat dikembangkan menjadi produk yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi salah satunya adalah dalam pembuatan nata de nira siwalan. Kualitas nata dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah macam gula dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh variasi macam dan konsentrasi gula terhadap kualitas nata ditinjau dari kadar serat. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Nira siwalan diperoleh dari penghasil nira di desa Kertagenah Laok Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Madura. Pembuatan nata dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang sedangkan pengujian kadar serat dilakukan di Laboratorium Kimia Universitas  Muhammadiyah Malang. Prosedur penelitian meliputi: (1) perbanyakan starter; (2) pembuatan nata de nira siwalan; (3) penentuan kadar serat nata de nira siwalan. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) ganda yang dilanjutkan dengan uji DMRT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) jenis gula berpengaruh signifikan terhadap kadar serat nata de nira siwalan; (2) konsentrasi gula berpengaruh signifikan terhadap kadar serat nata de nira siwalan; serta (3) ada pengaruh interaksi jenis dan konsentrasi gula terhadap kadar serat nata de nira siwalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21