Environmental Literacy (Sikap dan Tindakan) Pengelolaan Sampah dan Penghijauan Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan dan tingkat literasi lingkungan (sikap dan tindakan)
siswa adiwiyata dan non-adiwiyata pada pengelolaan sampah dan penghijauan. Jenis penelitian adalah
penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah adiwiyata (SMA N 1 Pengasih dan MAN 2
Wates) dan dua sekolah non-adiwiyata (SMA N 1 Girimulyo dan SMA N 1 Wates) sebanyak 198 sampel secara random sampling dari 404 populasi. Para siswa diberikan 20 soal kuesioner yang terdiri dari dua
bagian. Bagian A mengukur sikap, bagian B mengukur tindakan terhadap lingkungan. Data kemudian
dianalisis secara statistik menggunakan statistik deskriptif dan Independent-T Sample test. Hasil uji
Independent-T Sample test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap dan tindakan lingkungan siswa
antara sekolah adiwiyata dan non-adiwiyata (Sig.> 0,05).Sementara itu,tingkat literasi lingkungan antara
siswa adiwiyata dan non-adiwiyata pada aspek sikap dan tindakan berada pada kategori tingkatan yang sama.
Sama-sama memiliki tingkat sikap lingkungan yang tinggi dan tingkat tindakan lingkungan yang sedang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Ratri Wulandari, Eka Sulistiyowati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.