Pengembangan Majalah Educa sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Tunarungu Kelas XI SMALB

Authors

  • Dieni Laylatul Zakia
  • Sri Yamtinah
  • S Sunardi

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Media pembelajaran IPA sangat dibutuhkan siswa tunarungu untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Tidak tersedianya media pembelajaran khusus untuk siswa tunarungu merupakan kendala dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran khusus untuk siswa tunarungu agar pembelajaran menjadi lebih mudah dan dapat dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan majalah Educa pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa tunarungu kelas XI SMALB dan untuk mengetahui kualitas majalah Educa sebagai media pembelajaran IPA.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan yang terakhir revisi produk. Instrument penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas majalah Educaadalah ;lembar angket. Validasi desain dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli PLB Tunarungu. Sedangkan subyek uji coba adalah siswa tunarungu kelas XI dan guru kelas SMALB. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah terciptanya majalah Educa yang layak digunakan untuk anak tunarungu. Hasil penilaian majalah Educa oleh ahli materi diperoleh presentase97,67% dengan kategori sangat baik, ahli media diperoleh presentase 94,29% dengan kategori sangat baik, sedangkan ahli PLB Tunarungu diperoleh presentase 78,57% dengan kategori baik. Keterbacaan siswa tunarungu terhadap majalah Educa pada uji coba terbatas diperoleh presentase 94,82% dengan kategori tinggi. Sedangkan respon siswa dan guru terhadap majalah Educa pada uji coba lapangan utama menunjukkan presentase 84,44% untuk respon siswa tunarungu dan 85,33% untuk respon guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa majalah Educa layak digunakan untuk media pembelajaran IPA siswa tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-20