Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Sainsmelalui Discovery Learning Berwawasan Lingkungan

Authors

  • Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas
  • Ruri Eko Harmawati

Abstract

Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Sains Melalui Discovery Learning Berwawasan Lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah implementasi discovery learning berwawasan lingkungan pada muatan pelajaran sains; (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran sains melalui implementasi discovery learning berwawasan lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi discovery learning berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) Orientation; (b) Problem Statement; (c) Data Collection; (d) Data Processing; (e) Verification dan(f) Generalization, (2) Implementasi discovery learning berwawasan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaransains, terbukti hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus I hasil tes mencapai 73,33% termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67% termasuk dalam kategori amat baik. Pada siklus III hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kembali mengalami meningkat hingga 93,33% dan termasuk kategori amat baik. Dengan demikian, kemampuan berpikir kreatif siswa sudah menunjukan ketercapaian pada indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu ≥85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-20