Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo

Authors

  • Anita Windy Kastutik
  • H Hariyatmi

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian adalah deskripstif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 15 guru SMP kelas VIII di Kabupaten Sukoharjo. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 10 guru yang telah menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dan diambil lima RPP untuk setiap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 aspek yang diidentifikasi, aspek yang tertingi adalah kemampuan guru dalam menyesuaiakan pemilihan strategi dengan jenjang pendidikan, dan terendah adalah aspek pengetahuan akan kaidah penyusunan rencana pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri diKabupaten Sukoharjo temasuk baik (69.1%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-20