Kajian Konseptual Problem Solving pada Perkuliahan Fisika Dasar I

Authors

  • Trisnawaty Junus Buhungo
  • P Prabowo
  • Tjipto Prastowo

Abstract

Tujuan penting pendidikan adalah membangun kemampuan manusia untuk menggunakan pengetahuannya, bagaimana pebelajar mengakses dan menggunakan pengetahuannya dalam pemecahan masalah. Bagi individu atau kelompok yang mendapatkan masalah, sudah barang tentu mereka ingin memecahkan masalah tersebut, dan pemecahan masalah merupakan sesuatu yang dilakukan orang setiap hari. Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu yang penting untuk diajarkan di perguruan tinggi yang memerlukan pengembangan kemampuan problem solving dalam memecahkan sejumlah masalah fisika secara tepat oleh pebelajar. Berdasarkan tahapan yang dikemukakan Heller (2010) tentang tahapan problem solving yaitu fokus pada masalah, mengaitkan masalah dengan konsep fisika, merencanakan solusi, menjalankan rencana dan evaluasi solusi, dikembangkan instrumen yang dilengkapi rubrik untuk mengukur keterampilan problem solving dengan 5 indikator yaitu: useful description (penjelasan yang bermanfaat), physics approach (pendekatan fisika), specific application of physics (penerapan khusus fisika), mathematical procedures (prosedur matematika) dan logical progression (kemajuan yang logis). Rubrik dikembangkan dalam batasan yang mudah digunakan untuk pengajar fisika, dan dapat digeneralisasikan ke beberapa jenis masalah dan topik, serta fokus pada pekerjaan tertulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21