Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Anggita Septiani

Abstract

Pendidikan di era globalisasi seperti sekarang ini menuntut sekolah untuk dapat menciptakan siswa yang bukan hanya pintar secara kognitif, namun juga secara keterampilan. Salah satu pendekatan yang mampu menciptakan tenaga ahli yang profesional adalah pendekatan STEM. Pendekatan ini sudah banyak digunakan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang. Pendekatan STEM dalam pembelajaran mampu melatih siswa baik secara kognitif, keterampilan, maupun afektif. Pada pendekatan STEM, model pembelajaran yang digunakan serupa dengan model project based learning, namun perbedaannya dalam pendekatan STEM terdapat tahap uji/evaluasi. Pada pendekatan STEM ini, proyek yang dibuat oleh siswa akan diuji fungsinya, jika tidak sesuai dengan seharusnya maka siswa akan mendesain ulang proyek tersebut. Saat ini pendekatan STEM belum banyak dikenal di Indonesia, termasuk asesmen yang dapat digunakan dalam pendekatan STEM tersebut. Berdasarkan keperluan dalam proses penilaiannya, asesmen kinerja merupakan salah satu asesmen yang dapat diterapkan pada pendekatan pembelajaran ini. Asesmen kinerja dirancang untuk menilai selama proses pembelajaran dan asesmen kinerja yang menilai produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik penerapan asesmen kinerja dalam menilai keterampilan proses sains. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya adalah siswa SMK kelas X dengan kompetensi keahlian agrobisnis pertanian dan kultur jaringan. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa asesmen kinerja yang diterapkan dalam pendekatan STEM pada materi penyiapan media tanam mampu mengungkapkan keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains ini diungkap melalui observasi terhadap siswa secara individu mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Asesmen kinerja ini dibuat untuk menilai diskusi siswa, selama proses eksperimen, selama pengamatan (25 hari), dan saat pelaporan serta presentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21