Kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Firlita Nurul Kharisma
  • H Hariyatmi

Abstract

Guru adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran dan calon guru harus melatih kemampuannya dalam merancang pembelajaran salah satunya dengan memahami Pedagogical Knowledge (PK). PK disebut juga sebagai kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang terdiri atas pemahaman terhadap siswa, perencanaan, implementasi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP. Populasi penelitian adalah 136 mahasiswa. Sampel diambil secara random sampling yaitu calon guru yang mengikuti PPL di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 berjumlah 20 mahasiswa, masing-masing tiga RPP. Kemampuan PK meliputi enam penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan PK calon guru Biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP tahun ajaran 2015/2016 termasuk baik, ditunjukkan dengan penggunaan metode/model 53,80% (cukup), penggunaan berbagai macam metode/model 63,95% (baik), jenis media pembelajaran 31,55% (kurang), pemilihan media sesuai dengan kegiatan pembelajaran 93,75% (sangat baik), menyusun alat evaluasi 48,10% (cukup), dan pemilihan ranah penilaian 73,85% (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP kategori baik (60,83%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21