Peningkatan Life Skills Siswa SMA melalui Pembelajaran Project Based Learning Daur Ulang Limbah

Authors

  • Widi Purwianingsih
  • S Santy
  • Yayan Sanjaya

Abstract

Limbah merupakan salah satu permasalah lingkungan yang perlu ditanggulangi. Penanggulangan limbah dapat melibat seluruh elemen masyarakat termasuk siswa SMA, diantaranya melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan life skills siswa SMA setelah penerapan pembelajaran project based learning (PjBL) daur ulang limbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA daerah Karawang. Subjek penelitian sebanyak 70 orang siswa kelas X dari dua kelas (Eksperimen n=35, Kontrol n=35), kelas eksperimen menggunakan pembelajaran project based learning dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran praktikum. Instrumen terdiri dari: (1) pretest dan posttest untuk mengukur life skills siswa; (2) penilaian kegiatan proyek; (3) lembar observasi kegiatan diskusi dan presentasi; (4) angket respon siswa; dan; (5) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siswa. Untuk melihat peningkatan life skills digunakan data N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan life skills siswa lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. N-Gain peningkatan life skills pada kelas eksperimen lebih tinggi (0.91) dibandingkan kelas kontrol (0.29). Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang diberikan pada kedua kelas. Penerapan pembelajaran project based learning daur ulang limbah mampu meningkatkan life skills lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan melalui praktikum daur ulang limbah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-18