Hubungan Kualitas Tidur dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Prestasi belajar adalah sangat penting dalam dunia pendidikan karena pencapaian perubahan sesuai dengan tujuan pembelajaran atau tidak. Prestasi pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal, eksternal, dan pendekatan belajar. Maka, penting untuk mengetahui faktor internal seperti minat dan motivasi mahasiswa yang berkontribusi dalam pencapain prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah hubungan kualitas tidur dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Besar sampel adalah 66 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji fisher, chi-square dan regresi logistik. Hasil kualitas tidur dari penelitian ini terhadap prestasi belajar yaitu p value <0,001 dan nilai OR= 7,188, CI 95%= 1,464-28,347. Motivasi belajar terhadap prestasi belajar p value <0,001 dan nilai OR=31,360, CI95%= 6,686-128,194. Uji multivariat regresi logistic nilai OR kualitas tidur 6,443, dan nilai OR motivasi belajar 29,276. Kualitas tidur dan motivasi belajar berhubungan secara signifikan terhadap tingkat prestasi belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kualitas tidur dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.