Pengaruh Penerapan Multimedia Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Pembelajaran matematika sebagai pendidikan formal melalui pemilihan model, metode dan strategi penggunaan media dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajar sedemikian rupa hingga proses pembelajaran menjadi efektif. Dengan rancangan media pembelajaran yang tepat dan inovatif tentunya akan memberikan proses belajar yang efektif pada peserta didik dan memberikan pengaruh positif pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa dan sampel yang terpilih adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan powerpoint dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar lebih baik dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint, dimana perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran adalah 67,72 sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point adalah 58,04.