Profil Pemahaman Siswa SMA Level IQ Normal tentang Konsep Jarak Titik Ke Garis Ditinjau dari Perbedaan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman siswa SMA level IQ normal terhadap konsep jarak titik ke garis ditinjau dari perbedaan Gender. Jumlah subyek dalam penelitian sebanyak satu (1) laki-laki, dan satu (1) perempuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif, dimana peneliti sebagai instrumen utama yang kedudukannya tidak bisa diwakili dalam proses penelitian. Aspek kajian yang digunakan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep jarak titik ke garis meliputi empat (4) aspek, yaitu aspek pengertian, aspek visualisasi jarak, aspek contoh non contoh, dan aspek implementasi menghitung jarak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa berdasarkan empat (4) aspek kajian seperti yang dimaksud, tidak ada perbedaan yang signifikan tentang pemahaman konsep jarak dari titik ke garis antara subyek siswa laki-laki maupun perempuan pada level IQ normal (90 – 109).