Tradisional Snakes & Ladders Game Berbasis IT untuk Meningkatkan Prestasi Perkalian Pembagian Bilangan Cacah pada Anak SD
Abstract
Kualitas pendidikan di tingkat dasar dituntut untuk selalu lebih baik seiring dengan perubahan dunia. Pembelajaran matematika yang monoton dan anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, dapat menjadi faktor penyebab kegagalan pembelajaran matematika. Berdasarkan Kurikulum 2013, media pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran siswa tak terkecuali dalam mata pelajaran Matematika. Anak-anak di tingkat sekolah dasar cenderung bermain. Dengan bermain anak-anak akan belajar semakin banyak dan ketika belajar dengan situasi yang menyenagkan, pembelajaran akan lebih efektif. Perkembangan media pembelajaran ini dalam bentuk game snakes & ladders berbasis IT yang dilengkapi dengan lagu dan video bertujuan untuk memberikan wacana media alternatif untuk tingkat sekolah dasar khususnya pada materi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah. Metode dalam penulisan ini dengan studi literatur. Literatur digunakan dari buku, jurnal, dan artikel yang akurat. Penggunaan media alternatif ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam materi perkalian dan pembagaian pada bilangaan cacah.