Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bentuk Aljabar berdasarkan Kemampuan Matematika
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS bentuk aljabar berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kartasura yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan lima kemampuan dasar literasi matematika yaitu kemampuan komunikasi, matematisasi, menentukan strategi untuk memecahkan masalah, menggunakan operasi dan bahasa simbol, bahasa formal, dan bahasa teknis, serta penalaran dan pemberian alasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampumenggunakan lima kemampuan dasar literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS bentuk aljabar, siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu menggunakan empat kemampuan dasar literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS bentuk aljabar sedangkansiswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu menggunakan satu kemampuan dasar literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS bentuk aljabar.