Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Statistika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Persepsi Mahasiswa sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri)

Authors

  • Fajar Adhi Purwaningrum Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri
    Indonesia
  • Eko Gumaya Sari Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah statistika. Dengan melihat hasil belajar statistika dan mengetahui secara observasi langsung terhadap mahasiswa. Persepsi merupakan proses kesadaran terhadap suatu objek yang menghantarkan pada suatu pengertian, proses atau kemampuan untuk merasakan hasil dari pengetahuan dan sebagainya yang diperoleh dengan perasaan dan pengertian atau gerak hati yang bersifat abstrak. Persepsi akan menghantarkan seseorang kepada pengertian atau pemberian makna tentang sesuatu. Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah statistika menggambarkan tingkat dan pengertian serta pengetahuan akan manfaat statistika. Penelitian ini menggunakan rancangan Mixed Methods yang terdiri dari penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa semester IV Program studi akuntansi dan administrasi bisnis Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 74 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis path dengan software Smart PLS. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar statistika berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa, minat belajar statistika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa, motivasi belajar statistika berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar melalui persepsi mahasiswa, minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui persepsi mahasiswa.

Downloads

Published

2019-07-10