Profil Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Pola Bilangan
Abstract
Perkembangan jaman menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingat tinggi. Dalam pembelajaran matematika, soal-soal yang menuntut Higher Order Thinking Skills (HOTS)semakin diintegrasikan dalam kurikulum sekolah. Faktanya, hasil peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan Newman’s Error Analysis dan faktor penyebab kesalahan tersebut, khususnya peserta didik dengan kemampuan tinggi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 19 Surakarta dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data terdiri atas metode tes HOTS dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif menggunakan tahapan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik dengan kategori tinggi melakukan tiga kesalahan, yakni: 1) kesalahan tipe transformasi karena peserta didik hanya terpaku dengan rumus yang diberikan guru; 2) kesalahan pada keterampilan proses karena peserta didik melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya yakni tahap transformasi, sehingga pada tahap ini yaitu keterampilan proses peserta didik juga melakukan kesalahan; 3) kesalahan tahap penulisan kesimpulan (encoding) karena peserta didik tidak mampu menuliskan jawaban akhir dengan tepat.