Implementasi Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together Dan Thinks Pair Share dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono
Keywords:
model pembelajaran, komunikasi matematika, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas XI PM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket komunikasi matematika dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji keseimbangan dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan signifikasi 5% diperoleh : (1) terdapat pengaruh model terhadap hasil belajar matematika, (2) tidak terdapat pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika.