Analisis Materi dan Soal Matematika dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS
Abstract
Rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia dalam kancah internasional ditunjukkan dengan rendahnya peringkat Indonesia menurut TIMSS. Disamping itu, Indonesia menetapkan buku teks berisi materi dan soal latihan yang digunakan siswa sebagai alat bantu dalam mengukur kemampuan siswa. Namun tidak dipungkiri jika buku teks tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan standar TIMSS. Hal ini dikarenakan buku teks di Indonesia dirancang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi dan soal matematika dalam buku Tematik Kurikulum 2013 siswa SD kelas V berdasarkan taksonomi TIMSS. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatannya merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Dalam keabsahan data, peneliti menggunakan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) materi matematika terhadap domain konten dan soal matematika terhadap domain kognitif dalam buku Tematik belum semuanya memenuhi proporsi TIMSS, 2) materi dalam buku Tematik lebih didominasi oleh aspek bilangan yaitu sebesar 55,88%, sedangkan bentuk dan ukuran geometri sebesar 33,82%, dan data sebesar 10,30%. 3) Hasil penelitian pada soal dalam buku Tematik didominasi aspek applying dengan presentase sebesar 45,93%, sedangkan aspek knowing sebesar 29,19%, dan reasoning 24,88%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam buku Tematik sudah berisi soal untuk mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis.