Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika
Keywords:
GI,, Hasil Belajar Matematika,, NHT,, TAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) atau Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngrambe tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Kruskal-Wallis yang kemudian dilanjutkan dengan uji pasca dengan metode Scheffe. Hasil penelitian menggunakan taraf signifikansi allpha = 5% diperoleh kesimpulan : (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT sama baiknya dengan yang diajar dengan model pembelajaran GI; (2) hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran TAI; dan (3) hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran GI lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran TAI.