Hubungan Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I
Keywords:
kecerdasan interpersonal, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II (dua) tahun ajaran 2013/2014 yang menempuh mata kuliah Kalkulus 1 pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebanyak 160 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi linear rxy dilanjutkan dengan uji signifikasi korelasi dengan uji-t, dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas variabel. Hasil analisis korelasi diperoleh rxy = 0,146999, sedangkan uji signifikasi korelasi mendapatkan hasil t(0,05;29)= 1,699; DK = {t │t > 1,699}; tobs = 0,800308 DK, sehingga H0 diterima. Hal ini berarti menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I.