Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Matematika (Studi Asosiatif pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

Authors

  • Zuroh Marfu'ah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Idris Harta Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

gaya belajar, visual,, auditorial, kinestetik,, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asosiatif antara gaya belajar dengan hasil belajar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desaian penelitian hubungan asosiatif. Populasi penelitian 453 siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan koefisien kontingensi yang sebelumnya menghitung nilai Chi-Square dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan kesimpulan tidak ada hubungan asosiatif antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Published

2016-03-12