Pengaruh Penilaian Otentik dan Cara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap Keberhasilan Belajar Aljabar Linear Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ
Keywords:
Penilaian Otentik, Cara Seleksi Masuk PTNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penilaian otentik dan cara seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap keberhasilan belajar Aljabar Linear mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial design 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ pada tahun akademik 2015/2016, sementara sampel penelitian diambil dengan teknik multistage random sampling dan terpilih 2 kelas eksperimen adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Angkatan Tahun 2015/2016. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Aljabar Linear. Variabel bebas adalah penilaian otentik dalam pembelajaran (A) yang terdiri atas dua perlakuan yaitu penilaian portofolio (A1) dan penilaian kinerja (A2). Sementara variable moderator adalah cara seleksi masuk PTN yang terdiri atas dua kategori yaitu tipe seleksi dengan ujian tulis/SBMPTN dan Ujian Mandiri (B1) dan tipe seleksi tanpa ujian tulis/SNMPTN (B2). Hasil penelitian berdasarkan analisis data hasil test Aljabar Linear dengan menggunakan Twoway Anova melalui software SPSS 17 adalah: 1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diberi penilaian portofolio dan yang diberi penilaian kinerja. 2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diterima melalui seleksi ujian tulis dengan yang diterima melalui seleksi tanpa ujian tulis. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan jalur masuk PTN terhadap hasil belajar Aljabar Linear mahasiswa. 4) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio lebih tinggi daripada yang diberikan penilaian kinerja. 5) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio tidak lebih rendah atau sama dengan yang diberikan penilaian kinerja. 6) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian portofolio, yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis tidak lebih tinggi atau sama dengan yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis. 7) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian kinerja, yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis lebih rendah daripada yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis.