Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Relistic Mathematics Education pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii SMP

Authors

  • Septiana Wijayanti Unwidha Klaten
    Indonesia
  • M. Wahid Syaifudin Unwidha Klaten
    Indonesia

Keywords:

RME, TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)denganpendekatanRealistic Mathematics Education (RME) atau model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji coba instrumen tes prestasi belajar meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan metode Barlett. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh simpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pada kemampuan awal dilakukan uji keseimbangan dengan menggunakan analisis variansi satu jalan. Teknik analisis datamenggunakanuji komparasi antar model pembelajaran dengan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT denganpendekatan RME memberikanhasil yang lebihbaikdibandingkanmodel pembelajaran TGT. Hal ini berarti model pembelajaran TGT denganpendekatan RME lebih efektif daripada model pembelajaran TGT.

Downloads

Published

2016-03-12