Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya
Keywords:
Analisis kesulitan, Operasi Hitung Bilangan,, Penyelesaian MasalahAbstract
Tujuan makalah ini adalah menganalisis kesulitan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya. Materi bilangan merupakan materi yang fundamental. Karena materi ini berkorelasi positif dengan materi lain. Jika siswa belum mempunyai kompetensi dalam operasi hitung bilangan maka materi berikutnya akan menjadi permasalahan. Dalam menyelesaiakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan siswa SMP kelas VII masih banyak yang mengalami kesalahan.Kesalahan ini diduga karena siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu dengan metode tes dan wawancara. Populasinya adalah siswa kelasVII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami siswa adalah: 1) Kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Untuk solusi pemecahannya adalah: 1) Untuk mengatasi kesalahan konsep guru dapat menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media pembelajaran, 2) Untuk mengatasi kesalahan prinsip guru dapat menggunakan model pembelajaran Osborn Parne dan drilling soal terstruktur, 3) Untuk mengatasi kesalahan prosedure guru dapat menggunakan warming up pada apersepsi pembelajaran.+