Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Laili Fauziah Sufi Universitas Lampung
    Indonesia

Keywords:

Komunikasi Matematis, PBL

Abstract

Artikel ini merupakan metode hasil kajian tentang Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan artikel ini untuk mengetahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa karena komunikasi merupakan bagian yang sangat penting pada proses pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah kemampuan menyusun dan mengkonsolidasikan berfikir matematis siswa melalui komunikasi; mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren dan jelas kepada siswa lain, guru, dan lainnya; menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar; mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika; mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa sendiri. PBL merupakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. PBL menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran siswa belajar dari masalah nyata yang diberikan secara berkelompok dan menemukan solusi masalah tersebut secara mandiri. Langkah pembelajaran PBL yang melibatkan kelompok siswa dipacu untuk berkomunikasi dengan temannya. Demikian pula pada saat mempresentasikan hasil kelompok siswa dituntut untuk berkomunikasi dengan teman dan guru. Beberapa penelitian menunjukan bahwa PBL menunjukan kelebihannya dengan menunjukkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2016-03-12