Eksperimentasi Pembelajaran dengan Model NHT dan TGT terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu

Authors

  • Farida Umi Sholikhah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Slamet HW Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Kemampuan Awal, Numbered Heads Together (NHT),, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Sampel penelitian diambil dengan Cluser Random Sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes kognitif. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α = 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) ada pengaruh model Numbered Heads Together dan Teams games Tournament terhadap hasil belajar. 2) tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar. 3) tidak ada interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar.

Downloads

Published

2016-03-12