Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aritmetika Sosial
Keywords:
media lingkungan, minat belajar matematika,, model pembelajaran ARIASAbstract
Hasil observasi menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa masih rendah, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction(ARIAS) dengan memanfaatkan media lingkungan. Dalam penerapannya, model pembelajaran ARIAS berusaha menanamkan rasa percaya diri siswa akan berhasil menyelesaikan tugas-tugas belajarnya, serta berusaha menarik dan memelihara minat atau perhatian siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantu media lingkungan terhadap: 1) minat belajar matematika siswa SMP pada materi Aritmetika Sosial dan 2) hasil belajar matematika siswa SMP padamateri Aritmetika Sosial. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan sampel penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Pungging Mojokerto. Metode pengumpulan data yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Minat belajar matematika sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantu media lingkungan mengalami peningkatan sebesar 81,25%, sehingga disimpulkan model pembelajaran ARIAS berbantu media lingkungan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. 2) Hasil perhitungan diperoleh