Upaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)
Keywords:
pendekatan problem posing, sikap kritis, Team-Assisted IndividualizationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2015/2016. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada bulan Oktober – November 2015 di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kritis siswa secara bertahap mengalami kenaikan dari kategori sedang dengan rata-rata 134,09 menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 163,25. Dengan demikian, untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting TAI dapat dilakukan dengan cara: (a) mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap individu, (b) menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memfasilitasi siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuan dengan cara menyusun pertanyaan-pertanyaan yang relevan, (c) mendorong siswa untuk dapat saling belajar dengan kelompok yang heterogen, dan (d) mendorong siswa untuk berani menyampaikan pendapat dalam menyelesaikan masalah.