Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah

Authors

  • Putri Permata Sari Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

Keywords:

Analisis Kasus, Irisan kerucut, Prestasi Belajar

Abstract

Materi irisan kerucut merupakan materi yang sudah lama tidak masuk ke dalam silabus, 10 tahun kemudian dimunculkan kembali pada kurikulum 2013.Pada kondisi lapangan, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi tersebut dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal tentang irisan kerucut.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan deskriptif kualitatif.Subyek yang diambil adalah siswa kelas XI-IA-2 SMAIT Nur Hidayah Kartasura berjumlah 2, yaitu1 berkemampuan tinggi dan 1 berkemampuan rendah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melaui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut, yaitu: (1) Siswa kurang memiliki motivasi belajar, (2) Materi irisan kerucut sulit untuk dipahami, (3) Rumus-rumus pada materi irisan kerucut banyak dan sulit dihafalkan, dan (4) Intuisi siswa dalam mengerjakan soal lemah.

Downloads

Published

2016-03-12