Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matriks Siswa SMK/SMA
Keywords:
Mobile Learning, ICT,, CAI, MatriksAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat diakses siswa menggunakan gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran kapan saja dan dimana saja dia berada sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelajaran matematika khsusnya pada pokok bahasan matriks.Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development, dengan mengadopsi model pengembangan ComputerAsissted Instruction – CAI.Model CAI memiliki 6 (enam) tahapan, yaitu Konsep (concept),Perancangan (design), Pengumpulan Bahan(materialscolecting), Pembuatan (assembly),Ujicoba (testing),dan Distribusi (distribution). Setelah melalui tahapan dari model pengembangan CAI, dihasilkan media pembelajaran mobilelearning pada pokok bahasan Matriks untuk siswa SMA/SMK. Ahli materi dan ahli media pembelajaran berpendapat bahwa produk yang dikembangkan sudah sangat baik dan layak untuk diujicobakan.Responden yang terdiri dari Guru Matematika dan Siswa SMA menyatakan bahwa mobile learning pada pokok bahasan matriks ini sangat membantu dalam pembelajaran, khususnya bagi siswa untuk mengulang kembali materi pelajaran ditempat dan waktu kapan saja menggunakan gadget/smartphone.