Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri

Authors

  • S Sundari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • A Ariyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

discovery learning, inkuiri,, kemandirian belajar,, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi strategi Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulung tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dua kelas diambil dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data dengan ANAVA dan sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) tidak ada kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%.

Downloads

Published

2016-03-12