Analisis Kesalahan Buku Paket Matematika yang Berjudul “Contextual Teaching and Learning: Matematika Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4 oleh Atik Wintarti, Dkk” serta Alternatif Penyelesaiannya

Authors

  • Nunung Fajar Kusuma Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

Keywords:

Analisis;, Buku;, Kesalahan;, Matematika.

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku teks matematika berjudul “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING: MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII EDISI 4 OLEH ATIK WINTARTI, DKK”. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah alternatif penyelesaian untuk mengatasi kesalahan yang ada di dalam buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai isi buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Dalam artikel ini dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Di dalam proses analisis buku paket matematika ini ditemukan beberapa kesalahan, yaitu: Kesalahan dalam Penulisan Judul BAB dan Judul SUB BAB, Kesalahan dalam Penyajian Materi yang Tidak Sesuai Indikator, Kesalahan dalam Proses Penyelesaian Contoh Soal 2) Alternatif penyelesaian untuk kesalahan pada buku tersebut, yaitu: Penulisan judul bab dan sub bab disesuaikan dengan daftar isi, melihat referensi buku lain salah satunya buku yang berjudul “Pegangan Belajar Matematika” dengan penulis A.Wagiyo, F.Surati dan Irene Supradiati terbitan tahun 2008, disajikan alternatif penyelesaian berupa penyelesaian dari contoh soal, soal yang sesuai dengan penyelesaian dan proses pengerjaan soal yang benar.

Downloads

Published

2016-03-12