Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa dalam Pembelajaran

Authors

  • Erlina Madyaning Candra Romadhoni Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia

Keywords:

Komunikasi Matematis Siswa;, Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK), Respon Siswa dalam Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya dengan merujuk pada indikator kemampuan komunikasi matematis khususnya dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dan juga mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang dikembangkan. metode pembelajaran yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah subjek 36 murid Kelas VII-H di SMP Negeri 12 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen, baik instrumen tes yaitu tes formatif maupun instrumen non tes yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini diantaranya menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan MPMK pada pokok bahasan perbandingan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif pada pembelajaran dengan menggunakan MPMK. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan MPMK dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan respon siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2016-03-12