Pengembangan Web Site Matematika Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa, Siswa Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar
Abstract
Matematika merupakan ilmu dasar, sehingga disiplin ilmu yang lain memerlukannya.Pesatnya perkembangan matematika sehingga yang dapat dinyatakan tentang matematika hanya Karakteristiknya, yaitu obyek kajiannya abstrak. Dengan obyek kajian yang abstrak, sebagian siswa merasa matematika adalah pelajaran yang sulit. Banyak guru matematika dengan pengetahuan minimal sehingga ada yang mempunyai pemahaman keliru, seperti √9 = ± 3 dan rusuk adalah garis. Kesalahan konsep (Miskonsepsi) seperti ini juga terjadi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.Untuk mengeliminir hal seperti di atas, pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, dibuka mata kuliah Pembelajaran matematika SD, SMP, SMA, Kapita Selekta. Pada perkuliahan tersebut mahasiswa ditugaskan datang ke sekolah untuk mengobservasi pembelajaran matematika di kelas dan memberikan laporan apa yang seharusnya dilakukan oleh guru termasuk temuan adanya miskonsepsi.Hasil perkuliahandalam rangka memperbaiki mutu pendidikan matematika. Namun hasil tersebut belum terpublikasi dengan baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibuat wadah yang dapat diakses oleh banyak siswa, guru dan mahasiswa.Tujuan penelitian adalah menghasilkan website yang memuat tentang pembeljaran matematika di sekolah.penelitian ini menggunakan metode Research and development (R&D). Penelitian menghasilkan website yang berisi miskonsepsi yang terjadi, dan pembelajaran matematika yang direkomendasikan untuk SD sampai SMA .Website dengan alamat www.ipmatunj.comdapat diakses oleh umum, sehingga guru, siswa dapat memanfaatkannya demi perbaikan mutu pendidikan matematika.