Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Flavia Aurelia Hidajat Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Toto’ Bara Setiawan Universitas Negeri Jember
    Indonesia
  • Arif Fatahillah Universitas Negeri Jember
    Indonesia
  • Swasono Rahardjo Universitas Negeri Malang
    Indonesia

Keywords:

hasil belajar siswa, jigsaw,, pembelajaran kooperatif

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran pokok yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Mengingat pentingnya matematika, siswa dituntut untuk memahami suatu masalah matematika. Namun kenyataannya, siswa kesulitan dalam memahami suatu masalah matematika. Hal ini tampak dari masih rendahnya hasil belajar siswa (nilai rata-rata kelas di bawah KKM sekolah). Berdasar pada masalah tersebut, maka dalam penelitian ini akan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini akan dilakukan sendiri oleh peneliti di dalam kelas dalam dua siklus pembelajaran yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa dalam tes akhir siklus dan lembar observasi. Data yang terkumpul akan dianalisis setelah pemberian tindakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat membantu guru dalam memberikan alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2016-03-12