Problematika dalam Teknik Integrasi Substitusi dan Parsial Serta Alternatif Pemecahannya

Authors

  • Kusnul Chotimah Dwi Sanhadi Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Yoga Muhamad Muklis Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Teknik Integrasi, Parsial dan Substitusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika apa saja yang sering muncul dalam penyelesaian soal integral dengan teknik integrasi substitusi dan parsial beserta alternatif jawaban dari problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA MTA Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII yang telah mempelajari materi integral pada semester I tahun akademik 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan pemberian tes berkaitan dengan materi integral. Selanjutnya, diperoleh data dari hasil tes tersebut yang didukung dengan wawancara oleh peneliti kepada subjek penelitian. Permasalahan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal integral yakni (1) siswa merasa bingung harus menggunakan teknik pengintegralan yang mana, (2) fungsi mana yang harus dimisalkan dan mana yang tidak, dan (3) bagaimana cara memisalkannya. Oleh karena itu, untuk mengatasi problematika tersebut, maka guru sebaiknya membimbing siswa agar siswa dapat membuat kesimpulan sendiri tentang perbedaan teknik integrasi tersebut. Untuk membantu guru dalam membimbing siswa maka guru dapat membuat mendesain Lembar Kerja Siswa (LKS) terstruktur sehingga siswa dapat berlatih dan menganalisa soal-soal yang berhubungan dengan integral.

Downloads

Published

2016-03-12