Metode Pbl (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Matematika Dalam Mengembangkan Reasoning Habit dan Sense Making Peserta Didik

Authors

  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri
    Indonesia
  • Syahroni Anwar Universitas Nusantara PGRI Kediri
    Indonesia

Keywords:

PBL (Problem Based Learning), Reasoning Habit, Sense Making

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan metode problem based learning pada pembelajaran matematika. Selain itu juga untuk mendeskripsikan (2) Bagaimana reasoning habit dan sense making peserta didik pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif.Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes tertulis dan wawancara.Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, memberikan instrumen tes tertulis dan tes wawancara.Pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, tingkat kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan rendah.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan sintak pembelajaran atau kesesuaian aktivitas guru dalam menggunakan metode problem based learning berlangsung dengan baik. Secara klasikal aktivitas guru selama proses pembelajaran mencapai 87% atau dalam kategori baik. Dengan demikian indikator aktivitas guru sesuai sintak pembelajaran memenuhi kriteria baik. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung dengan metode problem based learning sudah terlaksana dengan baik. Secara klasikal aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran mencapai 82,5% atau dalam kategori baik. (2) Sedangkan reasoning habit dan sense making peserta didik secara umum tergolong kategori baik.

Downloads

Published

2016-03-12