Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Hani Ervina Pansa Universitas Lampung
    Indonesia

Keywords:

Problem-Based Learning, Matematika

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika. Problem-Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada pembelajaran kompleks dan bermakna, dimana masalah dibingkai dalam konteks nyata. Problem Based Learning bertujuan untuk membuat siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Karakteristik pembelajaran berbasis masalah yakni : (1) belajar dimulai dengan suatu masalah, (2) memastikan bahwa masalah yang diberikan berhubungan dengan dunia nyata siswa/mahasiswa, (3) mengorganisasikan pelajaran diseputar masalah, bukan diseputar disiplin ilmu, (4) memberikan tanggung jawab yang besar kepada pebelajar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri, (5) menggunakan kelompok kecil, dan (6) menuntut pebelajar untuk mendemontrasikan apa yang telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja. Siswa dapat memperoleh pengetahuan konseptual dan keterampilan prosedural secara kreatif dan kooperatif. Siswa dapat mengembangkan satu atau lebih solusi dari permasalahan yang disajikan. Problem-Based Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran, membantu siswa dalam menganalisis soal-soal sukar, berpikir kritis, memberikan ide atau pendapat pada proses pembelajaran serta mengajarkan keterampilan bekerjasama dalam kelompok. Problem-Based Learning disarankan untuk diterapkan di sekolah-sekolah.

Downloads

Published

2016-03-12