Dakwah Kolaboratif menuju Indonesia Berkemajuan (LDK)

Authors

  • Syafira Listyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dian Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Refita Ayu Kumala Dewi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dilla Nur Rahma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Angelika Gladys Widya Nanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Seperti yang kita ketahui, semakin berkembangnya zaman maka teknologi dalam banyak hal juga akan semakin canggih dan modern. Hal ini menyebabkan penyebaran informasi lebih mudah melalui berbagai media, baik media online maupun ofline. Sama halnya dengan penyebaran informasi dan pengajaran dalam keagamaan yang lebih mudah dan bervariatif. Pada abad sekarang yaitu abad ke-21, media online sangat membantu dalam hal memberikan dan mendapatkan informasi keagamaan, sepeti dakwah. Sehingga masyarakat dapat mengakses secara mudah dimana saja dan kapan saja, tidak terbatas waktu dan ruang. Dalam mencapai Indonesia Berkemajuan, maka perlu adanya strategi-strategi dalam pendakwahan. Artikel ini akan menjelaskan terkait strategi-strategi yang dapat digunakan, yaitu menggunakan pendekatan dakwah kolaboratif yang menggabungkan strategi struktural dan kultural. Diharapkan dengan strategi tersebut akan membantu tercapainya konsep Indonesia Berkemajuan. Dengan pendekatan kolaboratif, dakwah berjalan secara progresif dan fleksibel, masuk ke seluruh aspek persoalan yang ada di masyarakat. Alhasil, setiap strategi akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi, dan tentunya dakwah akan membuahkan hasil yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Listyani, S., Sari, D. P., Dewi, R. A. K., Rahma, D. N., & Nanda, A. G. W. (2023). Dakwah Kolaboratif menuju Indonesia Berkemajuan (LDK). Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 26–29. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/3813