Peran Muhammadiyah dalam Kemajuan Indonesia

Authors

  • Muhammad Nur Cahyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses perkembangan peserta didik secara terus menerus untuk mencapai keunggulan sesuai dengan kodratnya. Oleh karena itu, pendidikan harus memiliki keseimbangan dalam pendidikan umum ilmu pengetahuan dan agama agar pendidikan yang dipelajari sesuai dengan prinsipprinsip agama. Hakikat penelitian ini adalah realitas lingkungan, yang di banyak sekolah didirikan oleh pemerintah dan swasta, khususnya sistem pendidikan dan koperasi, dan lebih ditekankan pada agama (selain Islam). Pendidikan agama hanya digunakan sebagai pelengkap kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian bibliografi dengan harapan peneliti dapat mengkaji perkembangan pendidikan Muhammad dari awal hingga saat ini dengan menggunakan metode sejarah. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa studi dan menggunakan buku, dokumen, internet dan sumber penting lainnya. Diantara hasil penelitian ini, menurut Muhammadiyah, pendidikan itu wajib (harus) dan Muhammadiyah juga meyakini bahwa pendidikan yang wajib diikuti adalah pendidikan umum, artinya perpaduan atau keseimbangan antara pendidikan Islam dan pengetahuan umum menghasilkan manusia seutuhnya. . Ulama yang berilmu dan berakhlak mulia (nilai kemanusiaan) Maka Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan yang paling mutakhir sesuai dengan kebutuhan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Cahyono, M. N. (2023). Peran Muhammadiyah dalam Kemajuan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 38–45. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/3816