Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanglewas Purbalingga
Abstract
Manajemen kesiswaan menempati posisi yang strategis, karena sentral layanan pendidikan, baik dalam latar institusi sekolah maupun yang berada di luar latar institusi sekolah, tertuju kepada peserta didik. Manajemen kesiswaan tidak semata-mata hanya melakukan pencatatan data peserta didik, akan tetapi meliputi aspek yang lebih luas lagi, yaitu dapat membantu upaya pertumbuhan anak melalui proses pendidikan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian setelah pengumpulan data selesai, dilanjutkan dengan reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sistem manajemen kesiswaan di MI Muhammadiyah Karanglewas terbagi menjadi empat tahap diantaranya proses analisis kebutuhan siswa, penerimaan dan orientasi siswa baru, bimbingan perkembangan siswa, serta evaluasi dan pelaporan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 F Firdaus, H Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.