Menebarkan Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Kunci Mewujudkan Kampus Islami yang Inklusif

Authors

  • Rahma Elviana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mareiska Nabilla Alba Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Audia Dewi Arifani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dira Sekar Paramastri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Intan Cantika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Di era masyarakat yang beragam dan multikultural saat ini, menciptakan lingkungan yang inklusif di institusi pendidikan menjadi sangat penting. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai kunci untuk mewujudkan kampus Islami yang inklusif. Dengan menanamkan prinsip-prinsip tersebut, universitas dapat menciptakan suasana saling pengertian, penghormatan, dan penerimaan, sekaligus tetap berpegang pada ajaran Islam. Artikel ini mengupas pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam berbagai aspek kehidupan kampus, seperti kurikulum akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan program pengabdian masyarakat. Lebih lanjut, artikel ini menyoroti peran mahasiswa, dosen, dan pihak kampus dalam secara aktif mempromosikan dan menjiwai nilai-nilai tersebut, yang pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan komunitas kampus yang harmonis dan inklusif. Melalui contoh-contoh praktis dan studi kasus, artikel ini bertujuan untuk menginspirasi dan membimbing institusi dalam perjalanan mereka menjadi pusat pendidikan tinggi Islam yang benar-benar inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Elviana, R., Alba, M. N., Arifani, A. D., Paramastri, D. S., & Sari, I. C. (2024). Menebarkan Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Kunci Mewujudkan Kampus Islami yang Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 9–13. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4833