Implementasi Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan Kampus: Perspektif Inklusif dan Pendidikan Multikultural

Authors

  • Shafaun Nada Padmaningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Revania Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Gias Gemilang Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Safrina Nur Arbiah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nadila Nurhaliza Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Pemahaman dan implementasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan kampus menghadapi tantangan kompleks, termasuk pengelolaan keragamaninterpretasi, konflik antarindividu atau kelompok, serta tekanan eksternal yang dapat mempengaruhi efektivitas integrasi nilai-nilai tersebut untuk menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan mendukung pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilainilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan kampus dengan fokus pada penciptaan atmosfer inklusif dan mendorong pendidikan multikultural. Dengan menerapkan metode studi pustaka dan penyebaran kuesioner, penelitian ini menggali pemahaman dan persepsi dari berbagai pemangku kepentingan di kampus, seperti mahasiswa, dosen, dan staf administrasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai tersebut memiliki potensi besar untuk memperkuat toleransi, persaudaraan, dan keadilan di lingkungan kampus, tetapi juga menghadapi tantangan kompleks dalam mengelola keragaman interpretasi dan pemahaman nilai-nilai tersebut. Strategi inklusif dan dialogis, dukungan kebijakan yang jelas, pendidikan yang terintegrasi dengan baik, serta kolaborasi antarberbagai pemangku kepentingan di kampus menjadi kunci dalam memperkuat implementasi nilai- nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta mendorong kesadaran multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Padmaningrum, S. N., Kurniawati, R., Sari, G. G., Arbiah, S. N., & Nurhaliza, N. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan Kampus: Perspektif Inklusif dan Pendidikan Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 14–20. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4834