Penerapan Nilai Islam di SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui Praktik Kerja Lapangan

Authors

  • Garnisa Febriantika Chaterin Nastiti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Cindy Ayu Azhara Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anjani Dewi Maharani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Najwa Pieka Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Racita Permatasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui praktik kerja lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam ditanamkan kepada siswa melalui berbagai kegiatan selama praktik kerja lapangan, termasuk kegiatan keagamaan, pembinaan karakter, dan penerapan praktis ajaran Islam. Sekolah mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, memupuk pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip Islam secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menegaskan pentingnya memasukkan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan memberikan wawasan tentang strategi efektif untuk penerapannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Nastiti, G. F. C., Azhara, C. A., Maharani, A. D., Ramadhani, N. P., & Permatasari, R. (2024). Penerapan Nilai Islam di SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui Praktik Kerja Lapangan. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 26–31. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4839